Content Patcher adalah mod tambahan dan wajib!! bagi kalian yang ingin memulai modding di Stardew Valley karena hampir semua mod yang saat ini tersedia membutuhkan Content Patcher ( CP ). Fungsi dari mod itu sendiri adalah untuk mengubah isi dari data game, texture, menambah maps, dialog dan lain lain tanpa mengubah file original dari Stardew Valley jadi anda tidak perlu khawatir jika nanti game original akan terjadi crash error atau tidak bisa berjalan dengan baik karena telah memasang mod.
Content Patcher di buat dan dikembangkan oleh author ternama yang sampai saat ini terus di kembangkan versi nya menjadi lebih baik. Pertama kali di release pada tanggal 25 February 2018 Oleh Phatoschild dan saat ini sudah berada di versi 1.25 yang mana bisa kompatibel dengen versi StardewValley Terbaru yang mana bisa di unduh DISINI.
Untuk memulai membuat mod langkah awal kalian harus mempersiapkan 2 file yang berisi content dan manifest dan ditulis dengan format .json, content.json berisi serangkaian skema yang mempunyai perintah tersendiri dan manifest adalah file yang berisi tentang nama mod, versi mod, id nama unik dan lain lain.
Berikut contoh skema dasar dan penjelasan skema tersebut.
![]() |
| Format file manifest.json |
- Format
Deskripsi awal setiap skema CP yang berarti format atau versi minimal dari Content Patcher, Dalam contoh skema dibawah ditulis dengan skema "1.25.0" yang berarti versi dari CP harus diatas "1.25.0".
Yang berarti skema penerapan perubahan untuk perintah selanjutnya.
3. Target
Ini adalah skema yang memberikan perintah menargetkan mod untuk meload atau mengambil data file/objek yang ada folder content di game StardewValley. Sebagai contoh pada skema diatas tertulis "Target" : "Portraits/Abigail", berarti mod akan berusaha mengedit file pada folder Portraits/Abigail.
4. FromFile
Skema ini berarti directori file penganti atau file mod yang akan kita pasang/ganti ke dalam target. Sesuai directory folder mod yang kita simpan, umumnya file mod yang akan kita masukan berformat png, .json file, tmx/tbin, maupun xnb. sebagai contoh diatas file mod baru berada di dalam direktori Content Patcher "assets/abigail.png"
5. Action
Memberikan aksi atau perintah yang sudah di implementasikan didalam CP, Action memiliki sejumlah perintah berbeda dalam menerapkan mod. Berikut daftar basic dalam menu Action:
- Load
Load berarti mengambil atau bisa juga menganti baik filedata, gambar atau maps sesuai mod itu sendiri.
- EditData
EditData pada field Action berarti memberikan perintah Mengedit, Menambah, Merubah data baik dialog, event, bahasa, tampilan atau menganti konten yang ada didalam asset Stardew Valley, sebagai contoh pada skema dibawah Mod berusaha mengedit data pada target didalam assets game Data/NpcDispositions dengan menambahkan ( Entries ) Dobson Sebagai karakter atau NPC baru pada game.
- EditImage
Menganti, mengedit, atau menambah objek gambar yang ada di Asset StardewValley. Pada skema berikut menjelaskan mod berusaha untuk menganti gambar yang ada di dalam (Target) folder Maps/springobjects dengan gambar baru di dalam folder mod CP Assets/fish-object.png (FromFile) di area pada gambar baru sesuai koordinat yang di sudah tentukan (ToArea).
- EditMap
Ini adalah fungsi yang sangat terbaik menurut admin karena kita bisa mengedit, menganti, menambah properti, mengurangi atau mengatur ukuran dari maps original ke maps yang sudah kita buat. Pada skema dibawah menjelaskan pada mod tersebut berusaha untuk menganti/merubah data Maps pada Target game "Maps/Town" dengan file baru di folder mod yang dibuat sesuai direktori (FromFile) "assets/town.tmx" di area yang sudah ditentukan (ToArea)
6. When
When berarti kapan atau kondisi dimana mod itu akan aktif dan bekerja. ini adalah field dengan berbagai EventCondition yang mempunyai skema yang banyak. Sebagai contoh pada skema dibawah terdapat Field "When : { "DayOfWeek": "Tuesday", } yang berarti mod itu akan aktif jika hari pada game itu adalah Tuesday atau selasa.
Content Patcher memiliki banyak fungsi/action yang banyak kita harus pelajari jika anda ingin menjadi author atau hanya ingin mencoba membuat mod di Stardew Valley, dengan skema .json yang sangat harus teliti disaat membuat karena hanya kesalahan kecil "kurang koma misalnya" pasti file .json akan terjadi penolakan atau error muncul di smapi log. Jadi kalian harus teliti dan sabar untuk merancang skema.
Untuk referensi dan petunjuk lebih lengkap tentang Modding Stardew Valley anda bisa mngunjungi StardewValleyWiki di web tersebut sudah dijelaskan bagaimana cara lengkap membuat mod di StardewValley. Sekian penjelasan dari saya jika ada hal yang salah atau berbeda bisa komentar dan bila ada yang perlu ditanyakan bisa komentar juga dibawah.
Terimakasih








0 Komentar
thank you for reading my blog, please leave a comment